Bawaslu Kota Batam – Pramuka dinilai memiliki peran penting dalam pengawasan pemilu, Untuk itu jelang pemilu Serentak 2019 mendatang Bawaslu Batam mengandeng Pramuka untuk ikut mengawal proses pemilu di Kota Batam.

“Hendaknya kegiatan ini tidak terputus disini saja sebatas MoU tapi bisa menjadi sebuah saka yang betul -betul terstruktur dan dapat membantu kita (Bawaslu) dalam pengawasan, bukan saja tingkat Pilpres tapi akan ada pilkada dan sebagainya,” Ujar Syailendra Reza ketua Bawaslu Kota Batam dalam kegiatan Sosialisasi dan penandatanganan Nota Kesepahaman Bawaslu Kota Batam dan Kwarcab Kota Batam (06/04/2019).

Ketua Harian Kwarcab Kota Batam jefridin mengatakan “Pertama yang jelas tadi baru MoU, kwartir cabang kota Batam mendukung sekali pelaksanaan Pramuka membantu Bawaslu dalam rangka melaksanakan pemilu yang tinggal beberapa hari lagi. Karena apa? Suksesnya pemilu inikan campur tangan seluruh kita. Yang pertama kita awasi supaya jangan ada kecurangan, itu yang paling penting. Sehingga nanti kita menghasilkan para pemimpin yang benar-benar berkualitas bisa memimpin kita, paling tidak keluarga Pramuka paham itu dan dia bisa melaksanakan sebagaimana tahapan regulasi yang ada itu Saja. Terus yang kedua tadi mudah2an menghasilkan pemimpin yang ingin mewakafkan dirinya membangun negara ini. Mudah2an tidak terbebani caleg2 kita didalam pemilu ini sehingga ya tidak ada pikiran2 negatif, itu tujuannya kan. Kita Pramuka, baik dari kami, pak wali sebagai ketua majelis pembimbing, dan pak wakil sebagai kwarcab sangat mendukung”

Ratusan anggota Pramuka Kwarcab Kota Batam hadir dalam kegiatan penandatangan sekaligus sosialisasi Pengawasan Partisipatif pemilu Kota Batam. Bawaslu Batam menggandeng Pramuka sebagai langkah pendidikan politik sejak dini dan sekaligus ikut mengawasi jalannya Pemilu.

 

Editor : Boedy

wawancara: Boedy, Zika