Rabu, 6 Mei 2020 Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau kembali melaksanakan kegiatan Pelatihan Advokasi Hukum kepada Anggota dan Staf Divisi Hukum Bawaslu Kabupaten/Kota Se-PKepulauan Riau.
Komisioner Bawaslu Kota Batam Mangihut Rajagukguk, SE., MM Koordinator Divisi Hukum, Humas dan datin turut hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan melalui Video Conference.

Kegiatan Advokasi Hukum ini disampaikan oleh 2 Narasumber yaitu Witra Evelin Maduma Sinaga (Kasubbag Pemantauan  Putusan dan Bantuan Hukum) dari Bawaslu RI dan Indrawan Prabowoadi, SH., MH Anggota Bawaslu Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau Koordinator Divisi Hukum, Humas dan Datin.

Didalam kegiatan Advokasi Hukum yang dilaksanakan, Witra Evelin Maduma Sinaga menyampaikan beberapa materi : “ 1. Adapun Pemberi Bantuan Hukum yaitu Bawaslu Provinsi memberikan bantuan hukum kepada Bawaslu Kabupaten/Kota, Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan dan Pengawas TPS. ( Perbawaslu Pasal $ Nomor 26 Tahun 2018) .
2. Strategis Advokasi Hukum yang terdiri dari Penyusunan Kronologis Perkara, Identifikasi Permasalahan dan Analisa kasus ( Dasar Hukum Kewenangan, Teori Humum, dll), Pendampingan ( Persiapan dokumen administrasi persidangan, pemahaman Hukum Acara, dll).
3. Kronologis Perkara terdiri dari : Jenis Perkara, Para pihak, Sebab akibat permasalahan dan pokok gugatan/laporan/tuntutan.
4. Pendampingan Advokasi Hukum : Penyusunan Surat Kuasa/Surat Tugas, Menghadiri proses persidangan, Penyiapan dokumen persidangan dan Koordinasi dengan Pihak terkait, dan
5. Identifikasi Permasalahan : Adanya Dasar Hukum, Ruang lingkup Kewenangan, Teori Hukum dan Analisa Kasus.”

Koordinator Divisi Hukum, Humas dan Datin Indrawasan Susilo Prabowoadi turut juga menyampaikan materi bahwa, “ Pemberi bantuan Hukum dilarang menerima atau meminta pembayaran dari Penerima bantuan Hukum dan / atau pihak lain yang terkait dengan perkara yang sedang ditangani Pemberi Bantuan Hukum.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.