Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau melakukan kegiatan dalam meningkatkan Kapasitas jajaran pengawas tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota Se-Provinsi Kepulauan Riau.

Kegiatan di hadiri oleh Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau, bapak Indrawan Susilo Prabowoadi, SH., MH, bapak Idris, S.Th.I, bapak Said Abdullah Dahlawi, ST, ibu Rosnawati, MA. Koordinator Divisi Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau, Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau, Staf Teknis Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau.

Pembukaan kegiatan ini oleh bapak Said Abdullah Dahlawi, ST  selaku Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan dilaksanakan 3 hari penuh mulai dari tanggal 27 Juli s.d 29 Juli 2020 di Aston Hotel Batam, tidak lupa juga kegiatan berlangsung dengan mengikuti standar protokol kesehatan.

Learning Consultant asal Jakarta Freshmind Group yang diundang untuk menyapa Jajaran Pengawas di Kepulauan Riau. Beliau adalah Kang Darwadi seorang Associate Trainer & Consultant dari Freshmind Group yang menjadi pemateri dalam kegiatan TOT (Training of Trainer).

Jajaran pengawas Kepulauan Riau dilatih dalam menyusun dan menyiapkan bahan Persentasi dalam bentuk Power Point serta cara menyajikannya ke peserta.

Kegiatan yang berfokus pada pembelajaran teknis presentasi yang diharapkan nantinya dapat memberikan nilai lebih terhadap Kegiatan Fasilitator Pengawas, diantaranya seperti kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis ke Jajaran Pengawas dibawahnya yang selalu menggunakan teknik pemaparan Materi dan persentasi tampil di depan.

Bukan hanya cakap dalam mempresentasikan materi, Bawaslu Provinsi Kepri juga berharap kegiatan ini mampu mendidik jajaran untuk menjadi seorang trainer, hal ini sangat diperlukan mengingat nantinya Bawaslu Kabupaten/Kota yang juga akan memberikan bimbingan teknis kepada Panwaslu Kecamatan dan selanjutnya Panwaslu Kecamatan akan melatih Panwaslu Kelurahan/Desa dan Pengawas TPS terkait tugas – tugas pengawasan pada Pemilihan Serentak Tahun 2020 Lanjutan.

Sumber teori yang kang Darwadi paparkan terkait presentasi diantaranya terdapat teori gagne’s 9 event, Prinsip andragogy dan prinsip RAMP 2 FAME.

Dalam kegiatan ini, jajaran Bawaslu Kota Batam yang berkesempatan hadir diantaranya ada Ketua Bawaslu Kota Batam bapak Syailendra Reza I R, Anggota Bawaslu Kota Batam ibu Helmy Rachmayani, Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Batam ibu Nining Setyawati serta 3 orang staf teknis yang akan menjadi fasilitator.

Diakhir sesi, peserta yang mengikuti kegiatan TOT diminta untuk mempraktekkan satu persatu mulai dari penyiapan bahan sampai dengan pemaparannya. Selanjutnya pemaparan yang ditampilkan akan dinilai oleh peserta lainnya. Bawaslu Kota Batam mendapat kesempatan terakhir dikarenakan tuan rumah untuk mempresentasikan materi yang telah disiapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.