Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Batam Awasi Hari Terakhir Pendaftaran Paslon Walikota dan Wakil Walikota Batam

Penandatanganan Berita Acara Pendaftaran

Penandatanganan Berita Acara Pendaftaran

Batam- Bawaslu Kota Batam lanjutkan awasi secara melekat, hari terakhir pendaftaran pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Batam Tahun 2024 di Kantor KPU Kota Batam, Kamis (29/8/2024).

Informasi sebelumnya, ketua KPU Batam menyebutkan bahwa bakal pasangan calon berikutnya akan melakukan pendaftaran pada hari kamis, sebagaimana dengan surat yang diterima KPU Batam bernomor 793/EX/DPC.30.02/VIII/2024 yang ditandatangani langsung oleh Ketua DPC PDIP Kota Batam, tertanggal 28 Agustus 2024.

Berdasarkan pengawasan tim Bawaslu Batam Bakap Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Nuryanto dan Hardi Selamat Hood tiba di kantor KPU Batam pukul 17.00 WIB, Kamis (29/8/2024).

Bakal Pasangan Calon dengan sebutan 'Nadi Batam' ini di dampingi pimpinan parta penguung dan simpatisan dari PDI-P sebagai partai parlemen, dan Partai Buruh serta Partai Gelora dari partai non parlemen. 

Ketua KPU Batam, Mawardi mengatakan bahwa seluruh dokumen persyaratan yang telah diserahkan bakal pasangan calon Nuryanto dan Hardi telah dinyatakan sesuai dan lengkap. “Dokumen persyaratan yang diberikan oleh paslon Nadi sudah diperiksa oleh tim teknis KPU dan dinyatakan sesuai,” ujarnya.

Mawardi mengatakan dengan telah mendaftarnya dua pasangan calon, hingga hari terakhir pendaftaran, maka pihaknya akan menutup tahapan pendaftaran pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Batam pada hari ini tepat pukul 23.59 WIB. “Alhamdulillah saat ini sudah ada dua pasangan calon yang mendaftar. Maka sesuai PKPU Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan Kepala Daerah, kami (KPU Batam) tidak akan melakukan perpanjangan waktu pendaftaran dan akan kami tutup pada malam ini,” ucapnya.

KPU Kota Batam akan melakukan verifikasi terhadap dokumen ppendaftaran yang telah diserahkan dua bakap pasangan calon yang telah mendaftar di KPU Kota Batam “kami akan melakukan verifikasi administrasi pasangan calon dari tanggal 29 Agustus sampai 4 September. Kemudian hasilnya akan di umumkan pada tanggal 5 dan 6 September 2024,” kata Mawardi.

Anggota Bawaslu Batam Jazuli mengatakan bahwa Bawaslu Kota Batam akan terus mengawasi secara melekat, proses pendaftaran, verifikasi, cek Kesehatan hingga penetapan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Batam.

"Bawaslu Batam akan terus melakukan pengawasan ketat untuk memastikan proses pencalonan berjalan sesuai aturan dan bebas dari pelanggaran"  tegasnya.

Penulis : Budiyanto

Foto : Sahat F Rivai

Editor : Budiyanto