Lompat ke isi utama

Berita

Ully Yushariyen Damanik Tekankan Pentingnya Pengawasan Dan Partisipasi Pemilih Pemula Di Sekupang

Ully Yushariyen Damanik Tekankan Pentingnya Pengawasan Dan Partisipasi Pemilih Pemula

Ully Yushariyen Damanik Tekankan Pentingnya Pengawasan Dan Partisipasi Pemilih Pemula

Batam- Anggota Bawaslu Kota Batam Ully Yushariyen Damanik menyampaikan penjelasan penting mengenai tahapan pendaftaran Petugas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dan tujuan dari sosialisasi ini. "Kami ingin memastikan bahwa semua lapisan masyarakat, terutama adik-adik pemilih pemula, dapat berpartisipasi secara aktif dalam pengawasan pemilu dan menggunakan hak pilih mereka pada Pilkada tahun 2024," ujar Ully. Saat menjadi narasumber pada kegiatan sosialisasi pengawasan Pilkada serentak 2024 yang diadakan khusus untuk masyarakat dan pemilih pemula di aula kantor camat Sekupang, Sabtu (14/09/2024).

Ully menekankan beberapa poin penting yang harus diperhatikan oleh peserta, termasuk pentingnya pengawasan di lingkungan sekitar dan larangan-larangan dalam kampanye pemilu. “Salah satu langkah sederhana namun efektif adalah dengan memanfaatkan stiker tanda memilih yang telah ditempel di rumah-rumah sebagai bagian dari pengawasan pemilu di tingkat lokal,” katanya.

Ibu Ully juga mengingatkan tentang berbagai larangan dalam kampanye pemilu, yang antara lain mencakup larangan kampanye negatif tidak diperkenankan melakukan kampanye dengan cara menghina atau menyebarkan isu SARA terhadap pasangan calon dan tempat terlarang untuk kampanye seperti di tempat ibadah, fasilitas pemerintah, dan sekolah.

"Jika Anda menemukan pelanggaran atau praktik yang melanggar aturan, jangan ragu untuk melaporkannya ke Bawaslu. Kami mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengawasi Pilkada dengan semangat ‘Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu’," tegas Ibu Ully di akhir acara.

Acara sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya Bawaslu untuk mempersiapkan masyarakat dan pemilih pemula menghadapi Pilkada 2024 dengan pemahaman yang baik mengenai hak dan kewajiban mereka, serta meningkatkan partisipasi aktif dalam menjaga integritas pemilihan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan setiap individu dapat berkontribusi dalam menciptakan proses pemilu yang transparan, adil, dan demokratis.

Acara yang dilaksanakan oleh Panwaslu Kecamatan Sekupang ini menghadirkan berbagai tokoh penting, termasuk Ketua KPU Kota Batam, Mawardi, perwakilan Polsek Sekupang, Syefriadi, Sekretaris Camat Sekupang, Eko Wiryono, Ketua PPK Sekupang, Andi Z, serta Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan Sekupang, serta turut hadir juga seluruh PKD se-Kecamatan Sekupang.

Berita lainya:

Penulis dan Editor: Budiyanto

Foto: Sentia Rahmen