Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Penetapan DPT, Bawaslu Rakor Bersama KPU Batam

Ketua dan anggota Bawaslu Kota Batam saat rakor bersama KPU Kota Batam

Ketua dan anggota Bawaslu Kota Batam saat rakor bersama KPU Kota Batam

Batam- Bawaslu Kota Batam hadiri rapat koordinasi yang digelar KPU Kota Batam pada Senin, 16 September 2024. Rapat ini membahas berbagai aspek terkait konsolidasi data hasil pleno Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) di seluruh kelurahan dan kecamatan di Kota Batam.

Antonius, ketua Bawaslu Kota Batam, menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di seluruh Kota Batam. Ia mengapresiasi kerja keras dan kolaborasi yang baik dengan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dalam penyusunan DPSHP. "Saya merasa lega dengan hubungan baik antar penyelenggara adhoc. Sehingga kami tidak menghadapi banyak persoalan," ungkap Antonius.

Namun, Zainal anggota Bawaslu Batam menyoroti masih adanya beberapa kendala dalam proses pleno DPSHP, terutama terkait data TMS (Tidak Memenuhi Syarat). "Proses sinkronisasi data dari DPS ke DPSHP melibatkan perdebatan panjang. Kualitas data pemilih menjadi perhatian publik, dan dinamika yang ada justru meningkatkan kualitas data tersebut," ujar Zainal. Ia menambahkan bahwa setiap masalah yang belum terselesaikan di tingkat kecamatan akan diselesaikan di tingkat kota.

Ully, anggota Bawaslu  yang juga hadir pada kegiatan ini, mengungkapkan adanya permasalahan terkait pengumpulan data oleh Panwascam. Ia juga menyoroti isu penggusuran di Kecamatan Sekupang dan dampaknya terhadap pendataan masyarakat. "Perhatian khusus diperlukan untuk memastikan data pemilih yang terdampak penggusuran tercatat dengan benar," tambah Ully.

Adri Wislawawan, Kadiv Rendatin KPU Kota Batam, mengungkapkan bahwa pihaknya telah berhasil mengkonsolidasikan data, termasuk hasil pleno DPSHP di setiap kecamatan. "Kami telah menyelesaikan analisis terhadap data ganda, dan saat ini data ganda sudah berjumlah nol, baik di Kota Batam maupun di luar Kota Batam," jelas Adri. Data terbaru mencatat total pemilih sebanyak 898.986, dengan rincian pemilih laki-laki 448.250 dan pemilih perempuan 450.736, serta jumlah TPS sebanyak 1.818.

Rapat koordinasi ini menegaskan komitmen Bawaslu Kota Batam untuk memastikan proses penyusunan dan Penetapan DPT yang akan datang akurat dan transparan. hadir pada kegiatan ini KPU Kota Batam, Ketua dan anggota Bawaslu Kota Batam serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Batam.

Berita lainya:

Penulis, Foto dan Editor: Budiyanto