Lompat ke isi utama

Berita

Tahapan Perbaikan Persyaratan Administrasi Calon, Bawaslu Batam Lakukan Pengawasan Melekat

Pengawasan perbaikan dan penyerahan syarat administrasi calon

Anggota Bawaslu Kota Batam, Zainal Abidin ketika melaksanakan pengawasan perbaikan dan penyerahan syarat administrasi calon di KPU Kota Batam

Batam- Proses pemilihan kepala daerah Batam tahun 2024 memasuki tahapan perbaikan persyaratan administrasi oleh bakal pasangan calon walikota dan wakil walikota Batam. Untuk memastikan transparansi dan keakuratan dalam proses tersebut, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Batam telah melakukan pengawasan melekat di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam.

Pengawasan yang dimulai pada tanggal 6 September 2024 dan berlangsung selama tiga hari ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua proses perbaikan dan penyerahan syarat administrasi calon sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selama periode ini, Bawaslu Kota Batam menurunkan tim pengawas yang terlibat dalam monitoring dan verifikasi dokumen untuk memastikan tidak ada pelanggaran atau kekurangan yang dapat mempengaruhi kelayakan calon.

Berdasarkan pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Kota Batam, kedua tim Bakal Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Batam telah menyerahkan dokumen perbaikan mereka tepat waktu. Dokumen-dokumen tersebut telah diterima dengan baik oleh KPU Kota Batam untuk diproses lebih lanjut. Dengan adanya pengawasan melekat dari Bawaslu, diharapkan proses ini berlangsung secara adil dan transparan, serta dapat meminimalisir potensi sengketa yang mungkin timbul di kemudian hari.

Seiring berjalannya waktu, tahapan berikutnya dalam proses pemilihan kepala daerah Batam akan semakin mendekati puncaknya, dengan berbagai tahapan lain yang juga memerlukan pengawasan dan transparansi yang ketat. Bawaslu Kota Batam, bersama dengan KPU Kota Batam, akan terus bersinergi untuk memastikan bahwa setiap langkah dalam proses pemilihan ini dilakukan dengan penuh tanggung jawab, guna memberikan hasil yang terbaik bagi masyarakat Batam.

Berita lainya:

Penulis dan Editor: Budiyanto

Foto: Elza Safitri