Lompat ke isi utama

Berita

Raih Penghargaan, Bawaslu Batam Diakui sebagai Salah Satu PPID Terbaik di Indonesia

Batam Raih Penghargaan PPID Terbaik

Anggota Bawaslu Kota Batam, Syailendra Reza IR saat menerima penghargaan keterbukaan informasi publik di Tangerang

Tangerang- Bawaslu Batam menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih penghargaan dalam ajang Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Bawaslu Tahun 2024 yang disejalankan dengan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Data dan Informasi Bawaslu di Hotel Novotel Tangerang (5/09/2024). Acara ini dihadiri oleh perwakilan Bawaslu dari seluruh Indonesia dan menjadi ajang penting dalam memperkuat komitmen transparansi informasi publik.

Pada penganugerahan tahun ini, penghargaan diberikan kepada 33 Bawaslu Provinsi dan 36 Bawaslu Kabupaten/Kota yang dinilai berhasil dalam keterbukaan informasi publik. Bawaslu Kota Batam berhasil menjadi yang terbaik sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia, yang merupakan pengakuan atas upaya dalam menyediakan informasi publik secara transparan, akurat, dan tepat waktu.

Penyerahan penghargaan dilakukan secara simbolis kepada perwakilan Top 15 Bawaslu Kabupaten/Kota yang berhasil meraih peringkat tertinggi. Dalam kesempatan ini, Bawaslu Kota Batam diwakili oleh Koordinator Divisi (Kordiv) yang membidangi Data dan Informasi Syailendra Reza beserta Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Batam Susanti selaku atasan PPID.

Saat menerima penghargaan, Kordiv Datin Bawaslu Kota Batam didampingi oleh Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau Zulhadril Putra. Penghargaan ini menjadi bukti nyata dedikasi Bawaslu Kota Batam dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawal keterbukaan informasi publik, yang merupakan salah satu pilar penting dalam penyelenggaraan pemilu yang transparan dan berkeadilan.

“Kami sangat bersyukur dan bangga atas pencapaian ini. Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim Bawaslu Kota Batam dalam memastikan keterbukaan informasi kepada publik, sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi yang terus kami jaga,” ujar Kordiv Penanganan Pelanggaran, Datin Bawaslu Kota Batam.

Selain itu, penghargaan ini juga menjadi motivasi bagi Bawaslu Kota Batam untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik, terutama dalam menghadapi tahapan pemilu serentak 2024 yang semakin dekat. Bawaslu berharap prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan, tetapi juga menjadi dorongan untuk terus berinovasi dalam menyediakan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Rakornas Data dan Informasi Bawaslu 2024 yang dihadiri oleh perwakilan dari seluruh Indonesia ini menjadi momentum penting untuk mengevaluasi dan memperkuat sistem pengelolaan data dan informasi di setiap tingkatan. Dengan penghargaan ini, Bawaslu Kota Batam berkomitmen untuk terus menjaga keterbukaan informasi sebagai bagian dari upaya mewujudkan pemilu yang jujur, adil, dan transparan.

Prestasi ini diharapkan dapat menginspirasi Bawaslu lainnya untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan informasi yang lebih baik dan meningkatkan partisipasi publik dalam pengawasan pemilu di Indonesia.

Berita lainya:

Penulis dan Editor: Budiyanto

Foto: Rika Purnama Lubis